Etika Bisnis Islam Dalam Pemasaran Yang Harus Dikuasai Dan Dilaksanakan Pebisnis Islam


Pemasaran adalah sesuatu yang terjadi dalam hal bisnis. Etika ternyata tidak hanya berlaku antara anda bersama saudara anda dan cukup di lingkungan. Agama Islam merupakan agam yang paling agung juga mengajarkan cara yang baik dalam berbisnis.

Terutama dalam melakukan pemasaran yang juga memerlukan etika dan harus anda jaga. Selain dapat memberikan nama baik, etika bisnis islam dalam pemasaran akan memberikan dampak pada bisnis yang dijalankan. Di bawah ini akan dibahas lebih lanjut tentang etika bisnis islam dalam pemasaran ditinjau dari beberapa segi.

A. Segi Produk

Dalam menciptakan produk islam tidak mengajarkan untuk curang atau pun merugikan pihak lain. Ada ketentuan yang harus dipenuhi dan tidak boleh di tinggalkan, meliputi :

  • Berguna Dan Membantu Masyarakat. Percuma apabila seorang bisnis islam membuat atau memproduksi barang yang membawakan kemaksiatan. Bahkan barang yang membuat iman semakin rendah atau turun sangat tidak diperbolehkan.
  • Berpotensi Ekonomi. Ketika menciptakan produk setiap pelaku bisnis harus menciptakan barang yang benar memberikan pengaruh ekonomi. Pengaruh ekonomi yang dicapai juga harus memberikan damak baik. Bukan malah menciptakan produk namun untuk menghancurkan pemasaran pebisnis lainnya.

B. Segi Penetapan Harga

Harga adalah suatu nilai penting yang akan memberikan dampak yang penting. Barang yang bagus tentu dengan harga yang bagus dan sebaliknya. Jadi ada aturan atau etika bisnis islam dalam pemasaran yang khususnya ketika ingin menentukan harga, seperti :

  • Menyesuaikan Daya Beli Masyarakat. Daerah yang satu dengan daerah yang lainnya tentu memiliki daya beli yang berbeda - beda. Sehingga anda harus bisa menyesuaikan harga dengan tepat agar tidak membuat kesan buruk di masyarakat. Selain itu tentu hal ini juga di sesuai dengan kualitas produk yang sesuai.
  • Cari Laba atau Untuk Yang Layak. Keuntungan tentu juga harus di sesuaikan dengan barang dan daya beli di atas. Boleh saja mengambil keuntungan yang banyak, namun alangkah baiknya mengambil untuk selayaknya saja. Sehingga tidak membuat kecenderungan untuk memikirkan dunia berlebihan.

C. Segi Tempat

Tempat juga mengharuskan menyediakan tempat yang sebaik mungkin. Terkadang tempat ini juga kebanyakan tidak di perhatikan secara baik - baik. Namun dalam islam telah memberikan pengetahuan bahwa tempat ini juga ada etika tertentu, seperti :

  • Barang Terjamin Secara Utuh. Penempatan barang juga penting untuk selalu di perhatikan. Dalam peletakan dan keamanan yang selalu di jaga tentu memberikan kesan yang baik dan menyenangkan atau memuaskan. 
  • Memberikan Pelayanan Terbaik. Pelayanan juga merupakan etika bisnis islam dalam pemasaran yang sekaligus menjadi kunci kemajuan bisnis. Buruknya pelayanan terkadang membuat konsumen atau masyarakat cenderung tidak senang. Sehingga dengan memberikan pelayanan yang baik maka akan menarik minat sekaligus mendapat konsumen yang tetap dengan mudah.

D. Segi Promosi

Promosi juga merupakan pemasaran dalam bisnis yang perlu di perhatikan secara serius. Ada beberapa yang perlu di perhatikan agar bisnis yang di jalankan bisa terlaksana dengan baik seperti :

  • Terbebas Dari Unsur Manipulasi. Ini yang harus di hindari oleh anda seorang pebisnis islam. Yang dimana sangat tidak diperbolehkan untuk memanipulasi atau memberdayakan konsumen. Harus dengan cara yang benar dan jujur dan sesuai dengan aturan islam. Sehingga Allah akan selalu membantu mempermudah segalanya.
  • Tidak Mengecewakan Konsumen. Ini terkadang yang sering terjadi di era - era sekarang. Sudah banyak kaum yahudi yang memberikan iklan namun terkadang membuat konsumen kebanyakan merasa kecewa. Kita sebagai umat muslim gunakanlah iklan yang baik dan benar yang disyariatkan oleh Allah. Yang sehingga akan terbentuk kepuasan di kedua pihak.


Etika bisnis islam dalam pemasaran memang perlu untuk anda perhatikan. Selain menjadi tuntunan untuk berbisnis juga sesuai dengan islam yang sangat di anjurkan.

Bisnis apapun akan lebih apabila sesuai dengan syariat dan tentunya di ridhoi oleh Allah SWT. Maka dari itu selalu perhatikan etika bisnis islam dalam pemasaran yang di sebutkan diatas.