Pertanyaan Seputar Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam

Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan seputar Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam;

Mana lebih dulu masuk ke Indonesia Ekonomi Islam atau Konvensional ?

Di Indonesia perkembangan ekonomi Islam dapat dikatakan baru mulai masanya bila dibandingkan  perkembangan ekonomi konvensional yang sudah jauh berkembang mulai saat Indonesia dijajah oleh negara-negara Eropa. Sedangkan perkembangan ekonomi islam indonesia dimulai sejak didirikannya Bank Muamalat Indonesia tahun 1992.

Dalam sejarah perekonomian Islam, ekonomi berkembang melalui hal apa dan siapa tokoh utamanya?
Tokoh utama dalam sejarah perekonomian Islam adalah Nabi Muhammad SAW. Dan mulai berkembang ketika Rasulullah prihatin kepada penduduk atau pengikutnya yang kebanyakan dari kalangan kurang mampu. Maka dari itu masalah-masalah ekonomi umat yang menjadi perhatian Rasulullah yang sangat  diperhatiakn. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah bersabda “kemiskinan membawa orang kepada kekafiran”.

Sebutkan negara-negara yang menganut ekonomi Islam dan bagaimana perbandingannya dengan Perekonomian Indonesia !
Negara-negara yang menganut ekonomi islam yaitu negara yang meyoritas penduduknya beragama islam seperti negera-negara timut tengah, sebagian di Afrika dan Asia Tenggara.

Perbandingan  perekonomian Islam diIndonesia dengan salah satu dari negara islam di dunia Arab saudi  yaitu di Indonesia Ekonomi islam kebanyakan hanya di perbankan saja belum diterapkan secara umum misalkan dalam perdangangan pasar atau pemerintahan sedangkan di arab saudi bukan saja dari perbankan karena sistem ekonomi yang diterapkan adalah ekonomi syariah yang berlandaskan Al-Qur’an dan hadis.

Dalam sejarah Islam apakah ada pemikiran yang membangun kesejahteraan ekonomi yang akan datang ?
Ada. Karena ekonomi islam akan menjadi pioner yang akan membawa perekonomian rakyat jauh lebih baik. Karena jelas bahwa ekonomi islam adalah ekonomi yang berlandaskan Al-Qur’an dan Hadis Nabi Muhammad saw. Allah SWT menciptakan bumi dan segala isinya untuk manusia (QS. Surat Al-Baqarah ayat 29) dan memberi kebebasan kepada manusia untuk mengelola sumber daya ekonomi yang tersedia di alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan membangun peradaban manusia ke arah yang lebih baik.


Mana yang lebih duluan diterima ekonomi islam atau konvensional ?
Yang duluan diterima adalah ekonomi konvensional karena Perkembangannya berlangsung berabad-abad seiring dengan munculnya peradaban-peradaban yang ada di dunia. Salah satu corak perkembangan pemikiran ekonomi pada masa  lampau adalah kegiatan bisnisnya yang menggunakan sistem bunga.

Para pakar sejarah pemikiran ekonomi menyimpulkan bahwa kagiatan bisnis dengan sistem bunga telah ada sejak tahun 2500 sebelum masehi, baik di Yunani kuno, Romawi kuno, dan Mesir kuno. Sedangkan Sejarah ekonomi Islam berawal dari di angkatnya Muhammad sebagai utusan Allah pada usia ke 40. Pada tahun610 Masehi. Jadi dapat di simpulkan bahwa yang lebih duluan diterima adalah ekonomi konvensional.