Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Obligasi Syariah Sebelum Berinvestasi


Mungkin Anda sudah tidak asing dengan yang namanya obligasi syariah. Ya, obligasi syariah akhir-akhir ini memang sering kali menjadi salah satu pilihan utama masyarakat untuk investasi. terlebih buat mereka yang hendak melakukan investasi namun tetap berdasarkan prinsip syariah.

Akan tetapi, ternyata ada juga beberapa masyarakat yang masih bingung dengan obligasi syariah. Jadi buat Anda yang merasa kurang paham mengenai obligasi syariah. Berikut ini kami berikan informasi penting mengenai pengertian, kelebihan dan kekurangan obligasi syariah yang bisa Anda ketahui.

Pengertian Obligasi Syariah

Obligasi syariah merupakan aslah satu surat berharga jangka panjang yang berdasarkan pada prinsip syariah. Biasanya, prinsip ini dikeluarkan langsung oleh emiten kepada pemegang obligasi syariah dalam bentuk bagi hasil atau sering dikenal margin. Selain itu, ketika ingin melakukan pembayaran kembali obligasi syariah harus sudah jatuh tempo.

Kelebihan Dan Kekurangan Obligasi Syariah

Setiap jenis obligasi tentunya mempunyai kelebihan dan juga kekurangannya, sama halnya dengan obligasi syariah. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangannya tersebut? Agar lebih jelas dan detailnya, langsung saja Anda simak kelebihan dan kekurangan obligasi syariah berikut ini.

Kelebihan Obligasi Syariah

Adapun berikut ini beberapa kelebihan dari obligasi syariah dibandingkan dengan obligasi lainnya yang perlu Anda ketahui

  • Terdapat Kupon. Salah satu kelebihan berinvestasi dengan obligasi syariah yang perlu Anda ketahui adalah dari sistem bunganya atau sering dikenal dengan kupon. Biasanya, obligasi syariah sendiri menawarkan kepada pelanggannya dengan dua jenis kupon, yaitu Fixed Coupon (Kupon tetap), Floating Coupon (Kupon floating).
  • Dapat Menguntungkan Investor Muslim. Seperti yang kita ketahui, jika Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk muslim terbesar di dunia. Jadi, secara tidak langsung obligasi tentu dapat menguntungkan para investor muslim. Pasalnya, obligasi syariah sendiri mengeluarkan mempunyai unsur halal dari jenis industri dan hasil pendapatan obligasi sesuai syariat Islam.
  • Mudah Diperdagangkan. Selain dapat menguntungkan para investor muslim, obligasi syariah juga mempunyai keuntungan mudah diperdagangkan. Sebab, obligasi syariah sudah diatur oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam perdagangkan di pasar sekunder. Tidak sampai itu saja, transaksi dari obligasi syariah pun juga bisa dilakukan diluar bursa. Jadi, Anda pun bisa sangat mudah ketika ingin memperdagangkan obligasi syariah.
  • Segi Keamanan. Kelebihan lainnya dari obligasi syariah yaitu bisa dilihat dari segi keamanan. Untuk kepastian maupun keamanan dari obligasi syariah sudah terjamin pada UU no24 tahun 2002/ UU no 19 tahun 2008. Bila dibandingkan dengan deposito, tingkat kupon obligasi syariah jauh lebih tinggi daripada bunga deposito. Sementara, untuk masalah transaksi dari obligasi syariah bisa Anda lakukan di pasar sekuder karena sudah diatur oleh BEI dalam tata cara transaksi.
  • Dapat Dijadikan Jaminan. Mungkin ini salah satu kelebihan yang bisa dibilang jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia. Padahal perlu diketahui, jika obligasi syariah mempunyai kelebihan obligasinya dapat dijadikan sebagai jaminan. Jadi ketika Anda menggunakan obligasi syariah bisa memanfaatkan untuk dijadikan sebagai jaminan.

Kekurangan Investasi Obligasi

Semua jenis investasi pastinya selain mempunyai kelebihan juga memiliki nilai sisi kekurangan. Tidak ada instrumen investasi yang sejatinya benar-benar sempurna. Untuk investasi jenis obligasi jenis syariah ini mempunyai beberapa kekurangan.

Salah satu kekurangan yang dimiliki obligasi syariah adalah adanya kemungkinan gagal bayar dari pihak penerbit obligasi. Yang mana, hal tersebut akan berimbas pada nilai investasi dari para investor akan hilang.

Jika melihat informasi di atas mengenai kelebihan dan kekurangan obligasi syariah bisa disimpulkan, bahwa obligasi ini sama dengan jenis obligasi lainnya. Yang mana, obligasi syariah pun juga yaitu mempunyai kelebihan dan kekurangan. Akan tetapi, yang ditawarkan oleh obligasi syariah mempunyai banyak kelebihannya dibandingkan dengan kekurangan.