-->

5 Rekomendasi Bank Syariah Di Indonesia Terbaik


Di samping keberadaan perbankan yang menjalankan sistem dengan cara konvensional, saat ini juga terdapat jenis bank yang memakai sistem syariah. Hingga tak mengherankan jika bank tersebut memiliki julukan Bank Syariah. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa rekomendasi Bank Syariah yang dapat dipilih oleh nasabah. Dimana setiap bank tersebut memiliki ketentuan serta persyaratan tersendiri untuk memilikinya.


Perlu diketahui bahwa jenis perbankan syariah ini telah dilakukan pengaturan sebagaimana yang terdapat pada UU No 21 pada tahun 2008. UU tersebut memang membahas mengenai perbankan syariah. Adapun daftar bank yang memakai sistem syariah tersebut meliputi Bank Muamalat sampai dengan BSI. Adapun untuk rincian daftar dari bank syariah ini selengkapnya adalah seperti berikut:

1. Bank Muamalat

Daftar pertama dari rekomendasi bank syariah ini ditempati oleh nama Bank Muamalat. Bahkan dapat dikatakan bahwa jenis bank ini masuk dalam jajaran bank syariah terbaik yang terdapat di Indonesia. Di samping itu bank ini juga tidak mempunyai cabang yang menggunakan sistem syariah layaknya bank lain.


Bank jnj sudah menjalankan operasi semenjak tahun 1992 silam dan bertahan hingga sekarang. Pelayanan serta sistem operasi yang dijalani di bank ini tergolong cukup memuaskan. Bahkan jenis prinsip yang dimiliki lumayan beragam. Mulai dari pendanaan sampai dengan jika beli untuk para nasabah.

2. Bank BRI Syariah

Sebagaimana yang banyak diketahui bahwa BRI tak hanya menyediakan perbankan konversi saja. Akan tetapi juga perbankan syariah yang diketahui sudah mempunyai banyak nasabah. Nantinya nasabah cukup mudah untuk melakukan transaksi dengan menggunakan perbankan syariah ini. Dimana hal tersebut dapat dijalankan melalui ATM, kemudian SMS Banking, Mobile Banking maupun Internet Banking.

3. Bank Syariah Indonesia

Nama dari bank satu ini sering juga disebut dengan BSI yang merupakan singkatan dari nama bank itu sendiri. Perlu diketahui bahwa jenis bank syariah ini telah beroperasi dengan cara resmi semenjak tanggal 1 bulan Februari tahun 2021. Meskipun cukup tergolong baru dalam hal beroperasi, namun aset yang dimiliki tidak main-main.


Dimana aset tersebut telah mencapai nominal 214,6 triliun rupiah. Adapun modal inti yang dipakai oleh bank jnj adalah senilai 20,4 triliun rupiah. Di samping itu ternyata bank ini menjadi merger dari sejumlah bank lain. Diantaranya saja seperti Bank Syariah Mandiri, kemudian ada nama Bank BNI Syariah dan lainnya.

4. Bank Mandiri Syariah

Daftar berikutnya sebagai rekomendasi untuk jenis bank syariah ada nama Bank Syariah Mandiri. Bank ini selain memiliki bank syariah juga mempunyai bank konvensional. Dapat dikatakan bahwa nama bank ini menjadi Bank Syariah terbaik lantaran pelayanan yang diberikan cukup terbilang baik.


Adapun jenis pelayanan yang diberikan meliputi beberapa hal. Misalnya saja seperti pelayanan berupa Mudharabah, kemudian Tabungan Berencana sampai dengan Tabungan Mabrur. Saat ini nasabah lebih mudah dalam memperoleh pelayanan tersebut lantaran cabang Bank ini telah tersedia di berbagai wilayah.

5. Bank BNI Syariah

Nama dari bank BNI juga tidak mau ketinggalan untuk mempunyai bank syariah. BNI sendiri adalah satu dari beberapa perbankan yang masuk dalam daftar BUMN. Dengan penggunaan sistem syariah ini, maka cukup terbilang cocok dimiliki oleh para Muslim. Bahkan bisa dikatakan bahwa Bank BNI Syariah ini mempunyai pelayanan yang tak kalah dengan BNI konvensional.


Demikian pembahasan terkait 5 rekomendasi bank syariah yang ada di Indonesia. Ulasan di atas kiranya pening bagi nambah yang bingung untuk mencari bank syariah yang sesuai. Nantinya nasabah dapat menikmati sistem syariah yang ditawarkan. Baik melalui produk perbankan maupun lainnya.



Click to comment