Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alasan Memilih Dan Tempat Pinjaman Dana Tanpa Bunga

Ketika ingin memulai suatu usaha seringkali terkendala oleh modal yang masih jauh dari jumlah yang diinginkan. Maka tidak heran banyak orang akhirnya memilih alternatif untuk melakukan pinjaman demi peluang usaha di depan mata. 

Namun terkadang kesalahan dalam melakukan pinjaman dengan bunga justru berdampak pada usaha yang akan dijalankan. Berikut ini ulasan mengenai alasan mengapa harus melakukan pinjaman dana tanpa bunga dan dimana memperolehnya.

Alasan Memilih Pinjaman Dana Tanpa Bunga

Seperti yang telah kita ketahui, banyaknya tempat peminjaman dana menjadi salah satu pilihan seseorang untuk meminjam uang guna menjadi modal usaha. 

Namun tidak sedikit yang menerapkan bunga pada setiap peminjaman yang harus dibayarkan seseorang ketika melunasi hutang tersebut. Untuk itulah sebaiknya seseorang memilih melakukan pinjaman dana tanpa bunga.

Alasannya tentu saja karena tanpa bunga jadi lebih hemat tanggungannya dan sesuai syariah. Selain itu pada tempat peminjaman uang tanpa bunga umumnya membebaskan biaya administrasi dan bersifat ramah bagi nasabah. Hal ini dikarenakan tempat peminjaman dana tanpa bunga lebih mendahulukan proses musyawarah.

Tempat Pinjaman Dana Tanpa Bunga

Berdasarkan alasan-alasan diatas, maka mulai banyak bermunculan tempat peminjaman dana tanpa bunga. Di Indonesia sendiri sudah banyak ditemukan guna memudahkan nasabah dan menghindarkan dosa karena riba. Berikut ini 5 tempat pinjaman dana tanpa bunga, diantaranya :

1. Bank Syariah

Salah satu tempat peminjaman dana tanpa bunga adalah bank syariah. Berbeda dengan bank konvensional, bank syariah memiliki layanan pinjaman tanpa riba. Di Indonesia sendiri sudah banyak berdiri bank-bank syariah yang tentu saja menawarkan produk-produk yang sesuai dengan syariah. Ikutilah prosedur dan penuhi segala persyaratan yang ditetapkan oleh bank syariah yang dipilih.

2. KSP Syariah

Selain bank syariah, nasabah juga bisa melakukan pinjaman dana tanpa bunga di koperasi simpan pinjam syariah. Hampir sama dengan bank syariah yaitu ada akad pada proses peminjamannya, namun secara pelaksanaan kerja KSP tetaplah koperasi. Perbedaannya dengan bank syariah adalah KSP syariah milik kelompom dan berskala kecil sedangkan bank milik pemerintah dan swasta dan berskala besar.

3. Pegadaian Syariah

Seperti yang telah kita ketahui, pegadaian adalah tempat untuk menggadaikan barang-barang berharga dengan sejumlah uang. Terdapat layanan syariah pada pegadaian yang diberi nama RAHN. Nasabah bisa menggadaikan motor, mobil, barang elektronik, maupun emas dengan jumlah uang mualu dari Rp 50 ribu hingga Rp 200 juta dengan jangka waktu minimal 4 bulan dan bisa diperpanjang sesuai kesepakatan.

4. Kartu Kredit Syariah

Seperti halnya bank syariah, untuk semakin memudahkan nasabah tentu juga memunculkan kartu kredit syariah. Melakukan pinjaman dana dengan kartu kredit tentu tidak akan dikenakan bunga mampu melunasi pinjaman sebelum jatuh tempo. Otomatis ketika nasabah mampu melunasi pinjaman sebelum jatuh tempo tidak akan dikenai bunga maupun denda.

5. Pinjam Pada Orang Terdekat

Tempat pinjaman dana tanpa bunga selanjutnya adalah orang terdekat. Dalam hal ini tentu saja merujuk pada keluarga, sahabat, teman kantor atau yang lainnya. Meminjam uang pada mereka dengan alasan tertentu pasti tidak akan memberatkan dengan besaran bunga yang harus ikut dibayarkan. Sehingga meminjam pada orang terdekat menjadi tempat pinjaman yang paling aman.

Itulah ulasan mengenai pinjaman dana tanpa bunga. Pilihlah tempat peminjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan syarat yang diajukan pun tidak terlalu memberatkan. 

Meskipun tidak mengandung unsur riba atau bunga didalamnya, tetap saja harus sesuai dengan prosedur ketika melakukan peminjaman. Misalkan waktu yang telah disepakati untuk mengembalikan uang dan yang lainnya.