8 Produk Pegadaian Syariah Di Indonesia Yang Harus Anda Ketahui


Pegadaian syariah merupakan salah satu lembaga di Indonesia yang bergerak dibidang gadai syariah islam. Selain itu pegadaian memiliki peran yang cukup penting dalam membantu permasalahan di masyarakat. Pegadaian syariah memberikan pelayanan yang mendukung kemudahan bertransaksi secara syariah dengan mengeluarkan beberapa produk. Ada beberapa produk pegadaian syariah dapat dilihat dibawah ini

1. Gadai Syariah (Rahn)

Gadai syariah adalah pinjaman untuk memenuhi kebutuhan dana sesuai syariah dengan barang jaminan berupa perhiasan, elektronik dan kendaraan bermotor. Untuk mengurus rahn memiliki prosedur yaitu mengisi formulir peminjaman, melampirkan fotocopy identitas, besarnya pinjaman 90%-95% dari taksiran agunan dan menandatangani akad. Pada proses pelunasan pinjaman dilakukan maksimal 120 hari beserta angsuran

2. Arrum Bpkb

Arrum merupakan pinjaman yang ditujukan oleh pengusaha usaha mikro menggunakan jaminan BPKB motor atau mobil. Prosedur untuk memperoleh pinjaman ini adalah mengisi formulir, melampirkan dokumen usaha, agunan serta dokumen pendukung, penandatanganan akad dan pencairan pembiayaan. Syarat mengurus layanan ini menyerahkan fotocopy KTP/identitas lainnya, denah lokasi usaha dan tempat tinggal, dll.

3. Mulia (Murabahah Logam Mulia untuk Investasi Abadi)

Mulia adalah produk pegadaian syariah berupa pinjaman dalam logam mulia atau emas. Persyaratan untuk memperoleh pinjaman ini dengan menyerahkan fotocopy KTP/identitas lainnya, mengisi formulir aplikasi mulia, menyerahkan uang muka dan menandatangani akad mulia. Keunggulan mulia adalah investasi asset aman.

4. Amanah

Amanah adalah pinjaman yang diperuntukkan kepada orang dengan penghasilan tetap untuk pembelian kendaraan. Pinjaman ini terdapat beberapa syarat dalam biaya-biaya antara lain, biaya administrasi motor dan mobil sebesar Rp. 70.000 dan Rp. 200.000, biaya notaris Rp. 10.000.000, biaya IJK amanah dengan 12 bulan sebesar 0,84% dan 36 bulan sebesar 1,38% pinjaman.

5. Multi Pembayaran Online (MPO)

MPO adalah fasilitas kemudahan dalam pembayaran berdasarkan keinginan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Produk dari pembayaran ini antara lain, pembayaran listrik PLN (pulsa/token), pembayaran air PDAM, pembelian pulsa HP (all operator), jasa pengiriman uang (WU, remittance BNI, Delima) dan pembayaran TV berlangganan.

6. Arrum Haji

Arum haji merupakan pelayanan bagi masyarakat untuk kemudahan mendaftar dan pembiayaan haji. Keunggulan dari produk ini dapat memperoleh tabungan haji secara langsung, emas dan dokumen emas aman dan biaya pembiayaan jaminan terjangkau. Syarat dalam mendaftar layanan ini menyertakan berkas yang sama dengan mulia dengan beberapa pengecualian.

7. Konsiyansi Emas

Konsiyansi emas adalah layanan titip-jual emas batangan dalam pegadaian syariah untuk investasi. Investasi emas akan memberikan peluang atau keuntungan pada masyarakat. Keuntungan ini akan memberikan kebermanfaatan dalam menjaga kebutuhan. Layanan ini cukup dengan melampirkan bukti kwitansi pembelian emas kepada pegadaian dan mengisi dokumen pengajuan konsinyasi dan materai 6000.

8. Tabungan Emas

Tabungan emas merupakan layanan pembelian dan penjualan emas dengan menjaga harga yang terjangkau. Kemudahan pembelian dan penjualan emas dengan titipan emas dengan harga terjangkau. Ada beberapa keunggulan dari tabungan emas ini dengan pembelian emas harga terjangkau, mudah dan cepat untuk dicairkan. Pembelian harga emas terjangkau berpeluang untuk investasi.

Dari penjelasan diatas mengenai produk pegadaian syariah dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat. Pegadaian syariah ini telah menerapkan hukum syariat islam dalam bertransaksi. Selain itu pegadaian syariah di Indonesia mengeluarkan beberapa produk pegadaian syariah untuk memberikan kemudahan transaksi menurut hukum islam.

Produk yang dikeluarkan memberikan kemudahan dalam berbagai kebutuhan masyarakat, produk ini bisa memperbaiki kehidupan masyarakat yang sesuai dengan syariat islam. Berbagai investasi dengan emas dan kendaraan bisa memberikan keuntungan yang besar. Akan tetapi perlu mengikuti prosedur yang telah ditentukan. Prosedur yang diterapkan secara garis besar hampir sama seperti biasa.