-->

Langkah-Langkah Mudah Memulai Bisnis Travel Umroh


Indonesia termasuk ke dalam sepuluh daftar negara dengan masyarakat muslim terbesar di dunia. Tak ayal jika fakta tersebut menjadi peluang yang kemudian dilirik oleh para pelaku bisnis. Jenis bisnis travel umroh menjadi salah satu yang digandrungi para pelaku usaha saat ini.

Target pasar yang selalu ada, antusiasme konsumen untuk menjalankan ibadah umroh yang cukup besar menjadi alasan utama. Biaya umroh yang cenderung lebih murah, waktu ibadah yang lebih fleksibel dibandingkan haji pun menjadi pertimbangan selanjutnya. 

Kedua alasan tersebut menjadikan peluang usaha travel umroh ini cukup besar terbuka bagi siapa saja. Tertarik untuk menggeluti bisnis ini? Simak langkah-langkah berikut ini!

1. Tentukan Modal Awal

Langkah pertama yang perlu dicermati dalam realisasi bisnis travel umroh adalah menentukan modal awal. Hal ini menjadi penting untuk dilakukan karena langkah ini akan menentukan jalur yang ditempuh untuk merealisasikan bisnis tersebut. Jika modal yang dimiliki besar, tentu sekuritas yang didapat untuk menjalankan bisnis travel umroh menjadi lebih besar.

Jumlah modal memang cukup krusial untuk menentukan kelangsungan bisnis yang dijalankan. Menilik jenis usaha travel umroh adalah usaha dibidang jasa. Sehingga untuk menimbulkan rasa percaya konsumen tentu butuh waktu dan modal yang tidak sedikit. Namun, tidak perlu khawatir, modal tersebut akan dapat kembali jika usaha telah dijalankan dengan benar.

2. Dirikan Kantor

Mungkin beberapa berpikir langkah ini bukanlah sebuah keharusan. Namun, jika ditelisik dengan baik, konsumen akan lebih percaya menggunakan jasa yang ditawarkan apabila penyedia jasa telah memiliki kantor yang jelas. Oleh karena itu, langkah kedua ini perlu dilaksanakan.

Logikanya, jika penyedia jasa memiliki kantor dan perijinan serta legalitas yang jelas, maka kepercayaan pengguna jasa akan timbul dengan sendirinya. Konsumen tidak akan ragu untuk memercayakan uangnya kepada pelaku usaha untuk mendapatkan kenyamanan beribadah.

3. Urus Perijinan Dan legalitas

Masih dalam rangka memupuk kepercayaan konsumen untuk menggunakan jasa dari bisnis travel umroh, legalisasi badan usaha diperlukan menilik belakangan banyak ditemui badan usaha travel umroh yang kurang amanah. Akibatnya, masyarakat kita saat ini lebih pintar dalam membedakan badan usaha terpercaya atau tidak.

Untuk menghindari asumsi abal-abal tersebut, maka diperlukan perijinan dan legalitas yang jelas. Legalitas tersebut pun akan menjadi jaminan pelaku usaha di kemudian hari apabila terdapat kejadian yang tidak diinginkan.

4. Siapkan Strategi Pemasaran

Dewasa ini, banyak sekali alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan kepada bisnis dibidang jasa. Salah satunya adalah endorsement. Endorsement tentu bukan suatu hal yang asing di telinga. Menggandeng seorang tokoh terpercaya dapat menjadi langkah emas untuk pelaku usaha travel umroh.

Umroh dengan si-A, seorang ustadz yang banyak digandrungi jamaah, atau si-B tokoh islami yang diidolakan. Memilih tokoh yang familiar untuk endorsement akan membantu mengikis asumsi mengenai usaha travel umroh abal-abal.

5. Jalankan Bisnis Secara Amanah

Setelah keempat langkah bisnis travel umroh telah dijalankan, langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menjaga kelangsungan bisnis dengan amanah. Bisnis yang dijalankan akan berkembang pesat apabila konsumen telah menaruh percaya kepada pelaku bisnis secara terus menerus. Hal ini dengan sendirinya akan menjadi titik tumpuan kelangsungan bisnis yang dijalankan.

Apabila seorang konsumen puas dengan pelayanan yang diberikan bisa jadi konsumen tersebut merekomendasikan jasa kepada rekan-rekan sejawat maupun sanak keluarganya. Hal ini tentu akan menjadi awal yang baik untuk usaha travel umroh yang dijalankan.

Begitulah kiranya langkah-langkah yang perlu ditempuh untuk merealisasikan bisnis travel umroh. Tertarik untuk mencoba?