Inilah Syarat Gadai Barang di Pegadaian Syariah



Pegadaian Syariah merupakan jasa gadai yang disediakan oleh lembaga keuangan yang pembayarannya berdasarkan syariat islam. Tentu saja ada beberapa persyaratan yang perlu dilengkapi sebelum melakukan pegadaian di pegadaian syariah. Berikut ini adalah beberapa syarat gadai barang di pegadaian syariah :

Memberikan Fotocopy Identitas Pribadi

Sebelum melakukan pegadaian barang, hal pertama yang menjadi syarat gadai barang di pegadaian syariah adalah membawa fotocopy identitas resmi. Identitas bisa memilih salah satu seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), SIM (Surat Izin Mengemudi), KK (Kartu Keluarga), atau identitas lainnya.

Penyerahan identitas ini berguna untuk pendataan barang gadai. Yang diserahkan merupakan lembar fotocopy nya saja, tetapi untuk berjaga hendaklah membawa juga identitas aslinya juga yang bisa dijadikan pemeriksaan.

BPKB Motor/Mobil (Jika Jaminan Berupa Kendaraan Bermotor)

Selain identitas resmi yang dijadikan syarat, tentu saja anda membawa jaminan yang akan digadai dengan uang. Jika barang yang akan digadai berupa kendaraan bermotor, anda wajib membawa BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor). BPKB motor atau mobil merupakan bukti kepemilikan kendaraan bermotor yang resmi dikeluarkan oleh Polri.

Selain BPKB, terdapat dokumen lainnya yang harus dilengkapi seperti fotocopy STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) Motor atau Mobil. Dokumen lainnya yang bisa dijadikan untuk melengkapi data pun bisa dibawa. Kendaraan motor yang dijadikan jaminan pun harus merupakan kendaraan yang diproduksi maksimal 5 tahun terakhir.

Merk kendaraan yang bisa digadaikan adalah merk yang populer dikalangan masyarakat seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dll. Untuk kendaraan motor pun, motor keluaran tiongkok tidak bisa menjadi kriteria gadai.

Sedangkan untuk jenis kendaraan beroda empat (mobil) harus merupakan kendaraan yang diproduksi 10 tahun terakhir. Mobil juga harus memiliki merk yang populer dikalangan masyarakat pula. Contoh merk yang populer seperti : Toyota, Mitsubishi, Daihatsu, dan lain sebagainya.

Jaminan Barang

Jika jaminan yang anda miliki untuk ditukar dengan uang selain kendaraan bermotor, penggadai wajib membawa barang berharga. Sekiranya barang berharga tersebut dapat ditukar dengan uang. Barang yang tidak bisa digadaikan seperti : Motor Pabrikan Tiongkok, Blackberry, TV Cembung, Batu Akik dan barang-barang keluaran jaman dulu lainnya.

Keempat barang yang disebutkan tersebut tidak bisa digadaikan dikarenakan tidak memiliki nilai jual, dan barangnya tidak up to date. Untuk barang yang bisa digadaikan detailnya adalah sebagai berikut :
  1. Peralatan elektronik rumah tangga yang dapat berupa TV LCD, kulkas, oven, microwave, dll dengan kondisi yang baik dan maksimal produksi setahun terakhir.
  2. Gadget tipe terkini (up to date) yang dilengkapi dengan kwitansi pembelian yang asli, maksimal produksi setahun terakhir dan dalam keadaan kondisi yang baik, bisa berupa Laptop, PC (Personal Komputer), Tablet atau Handphone.
  3. Kamera DSLR tipe terkini (up to date) yang dilengkapi kwitansi pembelian yang asli, maksimal produksi setahun terakhir dan dalam kondisi yang baik juga.
  4. Batu berharga seperti perak, emas, emas putih, berlian dan batu berharga lainnya yang berupa kepingan atau batangan.
Itulah beberapa syarat gadai barang di pegadaian syariah. Yang membedakan Pegadaian syariah dengan pegadaian yang lainnya ialah pengajuan syariah ini terbilang sangat cepat karena hanya membutuhkan waktu 15 menit saja. Pinjaman juga berkisar dari Rp. 50.000 sampai lebih dari 200 juta rupiah dengan waktu pinjaman maksimal 4 bulan yang dapat diperpanjang. Metodenya, dengan membayar ijaroh selama masa pinjaman dengan mengangsur sebagian uang pinjaman tanpa perlu membuka rekening.