Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Alasan Saatnya Anak Muda Investasi Emas Di Pegadaian Syariah


Investasi saat ini sama pentingnya seperti memiliki penghasilan tambahan. Zaman sekarang, investasi tidak terbatas di kalangan tertentu. Buat anak muda yang ingin belajar investasi bisa memulainya dengan membeli saham atau menabung emas. Ya, pernah dengar istilah menabung emas? Kini saatnya untuk mencoba investasi emas di Pegadaian Syariah.

Jangan bayangkan jenis investasi ini adalah membeli perhiasan di toko emas lalu menyimpannya di Pegadaian. Investasi emas di Pegadaian Syariah merupakan aktivitas menabung secara berkala untuk memiliki emas batangan. Beratnya beragam, mulai dari 5 gram hingga 1 kilogram. Emas batangan ini jenisnya logam mulia yang murni dan legal karena suratnya atas nama investor sendiri. Selain wujud investasinya yang menarik, inilah alasan lain mengapa harus investasi emas di Pegadaian Syariah:

1. Tidak Perlu Modal Besar

Bagi beberapa orang yang baru memulai investasi, wajar untuk takut merugi. Apalagi bagi yang tidak memiliki modal besar. Tidak perlu khawatir jika investasi emas di Pegadaian Syariah. Memulai investasi ini hanya diperlukan uang sebesar Rp 5.000 karena setara dengan nilai emas 0,01 gram.

Membuka rekening adalah proses awal yang harus ditempuh, yakni dengan uang Rp 5.000 tadi yang setara dengan 0,01 gram. Selanjutnya, menentukan besaran emas yang ingin dimiliki. Satuan terkecil yang saat ini ditawarkan adalah logam mulia ukuran 5 gram.

2. Bisa Dicairkan Saat Butuh Dana Tunai

Dalam investasi emas di Pegadaian Syariah ada istilah buyback. Jika tiba-tiba butuh dana tunai, saldo emas yang ada di Pegadaian bisa dijual ke mereka. Inilah yang disebut dengan buyback. Pegadaian akan mengganti saldo emas dengan uang tunai, syaratnya adalah minimal saldo sudah mencapai 1 gram.

Uang tunai yang diterima sesuai dengan harga jual emas per gramnya saat pencairan dilakukan. Misalnya saldo senilai 2 gram emas dan saat itu harga jual emas adalah Rp 530.000. Berarti uang tunai yang akan diterima adalah Rp 1.060.000.

3. Bisa Ditukar Dengan Perhiasan

Buat kaum wanita, sebagian besar pasti menyukai perhiasan. Dengan investasi emas di Pegadaian Syariah, logam mulia ini bisa diubah menjadi perhiasan, seperti cincin, anting, gelang, atau kalung. Jika berubah bentuk apakah kadarnya berkurang? Jelas tidak. Saat perhiasan ini dijual kembali, harganya akan tetap setara dengan logam mulia per gramnya.

4. Dapat Dicetak Sesuai Selera

Selain bisa ditukar menjadi perhiasan, investor juga bisa menentukan jenis logam mulia yang akan dicetak nantinya. Apabila saldo sudah mencukupi, bisa pesan ke Pegadaian ukuran emas yang akan dicetak. Saat ini Pegadaian Syariah menawarkan 5 jenis pilihan keping, yaitu ukuran 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram. Saldo akan diubah bentuknya menjadi kepingan emas sesuai keinginan. Biaya yang harus dipenuhi hanyalah biaya cetak yang berlaku saat pencetakan sesuai kepingan.

5. Praktis Dan Mudah Untuk Dilakukan

Sebagai anak muda yang memiliki aktivitas tinggi, investasi emas di Pegadaian Syariah adalah pilihan yang tepat. Untuk menjalankan investasi ini tidak perlu memantau tingkat inflasi atau harga saham dunia. Nilai emas umumnya cenderung naik dan tidak terlalu terpengaruh oleh inflasi dunia. Resiko kerugiannya pun kecil bagi siapa pun yang baru belajar investasi.

Cara menambah nilai saldo pun mudah karena dapat diakses lewat ATM mana pun. Saldo rekening bisa ditambah dengan cara transfer ATM. Dengan adanya kemudahan seperti ini, membuat investasi praktis untuk dilakukan khususnya bagi anak muda.

Saatnya miliki investasi sendiri supaya bisa hidup mandiri. Mulailah dari sekarang dengan cara yang mudah, minim resiko, dan dapat memberikan keuntungan lebih, yaitu dengan investasi emas di Pegadaian Syariah.