Inilah 5 Keunggulan Sistem Syariah Dalam Perbankan


Sistem perbankan di Indonesia masih cenderung menggunakan sistem bunga dalam setiap transaksi. Bunga merupakan sebuah bentuk imbal jasa dari pihak bank atas penggunaan dana dalam waktu tertentu. Terkadang karena tawaran bunga yang menggiurkan itulah mendorong para nasabah untuk menyimpan uang di bank konvensional.

Dimana perhitungan bunga ini dihitung berdasarkan tingkat suku bunga yang telah ditetapkan oleh pihak. Perhitungan bunga pinjaman ini juga ditentukan berdasarkan besar dana yang dipinjam.

Tapi walaupun demikian, masih banyak masyarakat yang lebih memilih meminjam uang dengan bunga besar demi mendapatkan pinjaman dalam waktu singkat. Padahal itu justru sangat merugikan dan membebankan mereka sendiri.

Oleh karena itu, hadirlah sistem syariah dalam perbankan di Indonesia. Dalam sistem syariah tak berlaku bunga, melainkan menerapkan sistem bagi hasil. Selain sangat membantu perekonomian masyarakat, perbankan syariah juga memiliki banyak keunggulan lain yang jarang dipahami oleh masyarakat umum.

5 Keunggulan Sistem Syariah Dalam Perbankan Di Indonesia

Sistem syariah dalam perbankan memang menjadi solusi yang sangat tepat untuk mengatasi krisis ekonomi di masyarakat. Produk yang ditawarkan bank syariah juga tak kalah modern dengan bank konvensional.

Sehingga, kita bisa melakukan transaksi perbankan seperti biasa layaknya di bank pada umumnya. Tak hanya itu, kita juga bisa menikmati berbagai keunggulan dari bank syariah. Berikut penjelasannya :

1. Transaksi Halal

Sistem syariah dalam perbankan menerapkan sistem bagi hasil yang sudah jelas kehalalan transaksinya. Karena dalam sistem bagi hasil tidak ada pihak yang dirugikan. Kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan yang sama. Tidak seperti bunga pinjaman yang hanya memberi keuntungan pada salah satu pihak saja. Karena itulah bunga pinjaman berhukum riba. Tak hanya itu, bank syariah juga melarang pembiayaan pada bisnis atau kegiatan yang dilarang oleh agama.

2. Berkontribusi Langsung Untuk Kemajuan Bank Syariah

Setiap kita melakukan transaksi atau investasi ke bank syariah, kita telah berkontribusi langsung untuk meningkatkan keuntungan bank. Hal ini berdasarkan pada sistem bagi hasil yang berlaku. Dimana semakin besar investasi kita, maka semakin besar pula keuntungan yang dibagikan pada kedua belah pihak. Dan di saat yang bersamaan, sama saja kita telah menjadi pemegang saham di bank syariah.

3. Jaminan Keamanan Dalam Segi Manajemen

Faktanya manajemen finansial bank syariah jauh lebih aman. Hal ini terbukti dengan subprime tahun 2007 yang melanda kebangkrutan bank-bank konvensional. Tapi, justru menumbuhkan bank-bank syariah baru dan malah memperluas cabangnya. Sudah sangat jelas, bahwa sistem syariah dalam perbankan mampu mengatasi krisis ekonomi. Sekaligus menjadi solusi perekonomian yang paling aman dan menguntungkan.

4. Tawaran Produk Yang Lengkap

Di era modern ini, bank syariah tak ingin kalah saingan dengan bank konvensional. Selain menerapkan sistem yang sangat bagus, juga menawarkan berbagai fasilitas dan produk yang menarik. Semua transaksi bisa dilakukan di bank syariah. Mulai dari tabungan, deposito, kliring, kredit dan sebagainya.

Tak hanya itu, bank syariah juga memberi layanan SMS banking, internet bangking, dan kartu kredit syariah. Bahkan bank syariah juga telah terhubung dengan dengan jaringan ATM bersama. Sehingga kita bisa lebih mudah transfer dan tarik tunai secara praktis.

5. Ikut Serta Membantu Sesama Secara Tidak Langsung

Ketika kita berinvestasi di bank syariah, secara tidak langsung kita turut membantu sesama yang membutuhkan. Karena bank syariah mengeluarkan zakat dari keuntungannya setiap tahun. Yakni sebesar 2,5 persen. Sehingga berpotensi menyejahterakan masyarakat kelas bawah lebih besar.