Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Bank Syariah yang Terdaftar di OJK dan Terbukti Aman

Belakangan, banyak nasabah yang semakin tertarik untuk menabung di bank yang berbasis syariah lantaran dinilai aman dari sistem riba. Namun hal ini, diikuti pula dengan hal negatif, yakni munculnya bank abal-abal dengan embel-embel syariah. 

Sehingga guna memastikannya, nasabah perlu untuk mensurvey daftar bank syariah yang terdaftar di OJK. Agar terhindar dari tipu daya maupun rupa kejahatan yang lainnya.

Bagi yang ingin mendapat referensi mengenai daftar bank syariah yang terdaftar di OJK dan terbukti aman dalam transaksi, maka bisa membaca uraian di bawah. Lantaran di sini akan diterangkan sejumlah daftar rekomendasi yang terbukti aman, baik dari segi legalitas, produk yang dipunyai, sampai histori transaksinya. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut informasi lebih jelasnya:

1. Bank Syariah Indonesia

Jenis bank syariah yang terdaftar di OJK pertama yang terbukti aman dan sangat direkomendasikan adalah bank BSI. Pasalnya bank yang berasal dari gabungan tiga bank syariah ternama ini, selain memprioritaskan keamanan juga menyediakan produk unggulan, di antaranya:

  • Pembiayaan cicil emas yang memungkinkan setiap nasabah untuk melakukan pembelian emas secara bertahap dengan cara menabung.
  • Program pembiayaan DP rumah 0 persen yang memungkinkan nasabah membeli rumah tanpa harus membayar uang muka dahulu, dengan mengikuti mekanisme tertentu.
  • Tabungan haji dan kredit syariah yang membantu nasabah untuk merencanakan kegiatan ibadah dengan mudah.

2. Bank Danamon Syariah

Kedua, ada bank Danamon yang juga menyediakan transaksi perbankan yang berbasis sistem syariah. Mengenai hal ini, ada sejumlah produk yang diunggulkan, misalnya:

  • Tabungan bernama Bisa Qurban iB yang memungkinkan nasabah menabung untuk pembelian hewan qurban melalui sistem mudharabah.
  • Bisa Umrah iB yang juga memakai sistem mudharabah untuk mempermudah nasabah dalam hal beribadah ke tanah suci Mekkah.
  • Selain itu, juga ada tabungan haji yang terdiri dari dua produk unggulan yang disebut RTJH dan RHI.

3. Bank Permata Syariah

Berikutnya yang ketiga, ada juga bank Permata yang mewarnai dunia perbankan syariah di Indonesia dengan layanan Permata Syariahnya. Bank ini mempersembahkan sejumlah produk istimewa, selayaknya beberapa produk unggulan berikut in:

  • iB Masa Depan, yakni tabungan berjangka yang menawarkan fleksibilitas dalam setoran.
  • iB Optima, yaitu produk yang memberi kebebasan bertransaksi di banyak mesin ATM di dunia.
  • Simpanan pelajar iB yang diberikan kepada para nasabah yang masih bersekolah.

4. Bank Maybank Syariah Indonesia

Perbankan besar yang satu ini juga tidak kalah dengan lainnya. Pasalnya memiliki sejumlah produk aman di bawah pengawasan OJK, sebagai contohnya:

  • Tabungan syariah yang memungkinkan nasabah untuk menabung dengan bebas riba.
  • Deposito syariah yang menjadikan nasabah dapat berinvestasi halal dengan merujuk hukum Islam yang sah.

5. Bank Muamalat Indonesia

Terakhir, namun tidak dapat luput dalam daftar rekomendasi ini adalah Bank Muamalat Indonesia. Tidak lain karena, bank ini mempunyai banyak produk syariah unggulan, sebut saja di antaranya:

  • KPR iB Muamalat yang merupakan program pembiayaan yang dijalankan dengan dua prinsip utama, yakni musyarakah dan murabahah.
  • Tabungan iB Hijrah Haji yang memudahkan setiap nasabah dalam memperlancar ibadah, khususnya Umrah dan Haji ke tanah suci Mekkah.
  • Selain itu, ada juga tabungan iB Hijrah biasa yang berguna bagi nasabah untuk mengatur perencanaan kebutuhan harian, dengan prinsip keislaman yang relevan.

Demikianlah tadi, serangkaian informasi yang dapat disajikan mengenai rekomendasi bank syariah yang terdaftar di OJK dan terbukti aman dalam mengelola transaksi nasabahnya. 

Jadi, bagi yang tengah mencari perusahaan perbankan yang menerapkan syariat Islam, dapat mengambil satu di antaranya. Bagaimana? Sudah siap untuk beralih dari konvensional ke syariah yang bebas riba? Coba pikirkan dari sekarang!


Post a Comment for "Rekomendasi Bank Syariah yang Terdaftar di OJK dan Terbukti Aman"