-->

Keuntungan Menabung di Bank Syariah yang Wajib Dimengerti Calon Nasabah


Keberadaan bank syariah belakangan menjadi nuansa segar di dunia perbankan yang ada di tanah air. Lantaran, kabarnya ada beragam keuntungan menabung di bank Syariah yang berbeda dari bank konvensional yang selama ini ada. Benarkah hal tersebut? Mari cari tahu jawaban lebih jelasnya pada uraian menarik yang telah dihadirkan di bawah ini!

Sekilas tentang Bank Syariah

Sebelum membahas lebih jauh mengenai keuntungan menabung di bank yang berbasis syariah, maka alangkah lebih tepat jika memahami dahulu definisinya. Secara sederhana, bank syariah dapat dimengerti sebagai sebuah perusahaan perbankan yang menerapkan sistem syariah di dalamnya. Mulai dari produk yang diberikan kepada para nasabah, pengelolaan dana, sampai pembagian keuntungan.

Melalui penerapan sistem syariah tersebut, diharapkan perbankan ini menjadi solusi dari adanya pelbagai macam keraguan terhadap sistem konvensional yang selama ini ada. Khususnya yang berkaitan dengan hukum bunga yang dianggap riba, yang masih banyak diperdebatkan. Bagi bagi nasabah dari kalangan biasa maupun kaum intelektual Islam yang lebih paham mengenainya.

Keuntungan Menabung di Bank Syariah bagi Nasabah

Keberadaannya sebagai layanan inovatif dan solutif, perbankan syariah memberikan pelbagai tawaran keuntungan kepada para nasabah. Yakni yang paling utama dapat dijabarkan sebagai berikut:

1. Punya Legalitas yang Jelas

Keuntungan pertama yang didapatkan oleh nasabah adalah jaminan keamanan dari setiap transaksi perbankan berbasis syariah yang dilakukan. Tidak lain karena bank syariah kini masuk dalam salah satu daftar layanan yang dinaungi oleh LPS. Sehingga nasabah bisa tenang dalam bertransaksi, baik berkaitan dengan penyimpanan maupun pinjaman.

2. Digitalisasi Layanan

Bank syariah juga telah menyediakan layanan digital mutakhir seperti yang tersedia pada umumnya bank konvensional. Sehingga hal ini memudahkan setiap pengguna untuk bertransaksi harian secara lebih efisien hanya dengan memanfaatkan gadget yang dipunyainya. Semisal pada saat hendak melakukan pembayaran tagihan, transfer ke bank, ataupun untuk keperluan pembayaran belanjaan yang lainnya.

3. Ada Pembebasan Biaya Keadministrasian

Hal menarik lainnya adalah pada bank syariah tidak ada yang namanya biaya administrasi bulanan. Sehingga nasabah tidak akan mendapatkan beban potongan, selayaknya selama ini pada bank konvensional yang selalu ada biaya administrasinya. Kerennya lagi, hal ini berlaku untuk semua nasabah, bahkan untuk yang punya nilai saldo kecil sekalipun.

4. Terdapat Produk Solutif dan Disesuaikan Kepentingan Nasabah

Keempat, bank syariah juga memberi tawaran produk yang selama ini tidak ada pada bank konvensional, yang disesuaikan dengan keperluan. Semisal beberapa produk yang paling menarik adalah tabungan haji umroh, tabungan untuk kurban, wakaf, deposito syariah, dan lainnya. Tentu hal tersebut menjadikan semakin banyak nasabah yang ingin menjadi bagian dari layanannya.

5. Tidak Ada Penerapan Sistem Bunga

Terakhir, karena posisinya sebagai alternatif perbankan anti riba maka bank syariah tidak memakai sistem bunga, namun dengan sistem bagi hasil. Yakni dana yang dihimpun dari nasabah akan dikelola menggunakan prinsip yang dibenarkan oleh syariah. Kemudian dana keuntungan yang diperoleh, kembali akan dibagikan kepada nasabah. Yaitu dengan mengikuti mekanisme yang telah dijelaskan pada setiap akad transaksinya.

Nah itulah tadi sejumlah informasi yang dapat diurai mengenai keuntungan menabung di bank syariah yang akan diperoleh para nasabah. Bagaimana? Cukup solutif bukan untuk mengatasi keraguan dalam memakai sistem perbankan konvensional yang selama ini ada? Jadi, tidak perlu bimbang lagi! Sekaranglah waktu yang tepat untuk memulai berinvestasi tabungan di layanan terbarukan nan menggiurkan tersebut!




Click to comment