Keunggulan Bisnis Properti Syariah yang Mungkin Belum Anda Ketahui


Bisnis properti syariah adalah bisnis yang berkaitan dengan lahan, hunian, jenis bangunan untuk perkantoran dan usaha yang diterapkan sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Bidang bisnis yang satu ini menjadi salah satu bidang bisnis yang menjanjikan karena nilai jual lahan, rumah dan bangunan terus meningkat setiap tahun.

Bisnis properti konvensional selalu berkaitan dengan bunga dan juga keuntungan yang berlipat. Bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam, tentu hal ini dapat menimbulkan keraguan karena adanya unsur riba.

Kini banyak bermunculan bisnis properti syariah yang akan menjadi pilihan terbaik. Terdapat pula banyak keunggulan dalam bisnis ini. Berikut ulasannya :

1. Tanpa Sita Dan Denda

Prinsip syariah yang diterapkan pada bisnis properti syariah memungkinkan tidak adanya denda dan sita. Transaksi dapat langsung dilakukan kepada developer properti syariah baik secara tunai maupun kredit.

Dengan sistem ini, tentunya transaksi yang dilakukan dalam proses pembelian properti syariah akan transparan dan mempermudah kedua pihak, baik developer maupun anda pembeli. Kemudahan yang dimaksud adalah investasi tanpa denda dan sita jika tidak mampu membayar saat jatuh tempo, maka hanya diberikan peringatan saja.

2. Resiko Kecil

Meskipun modal yang dibutuhkan besar, namun calon pebisnis properti syariah tidak perlu merasa khawatir akan rugi, sebab harga properti syariah dapat terus meningkat setiap tahun. Selain itu, harga tersebut juga jarang mengalami penurunan yang sangat drastis. Terlebih untuk sebuah properti dengan lokasi yang strategis.

Bagi seorang pebisnis syariah tentu mengharapkan keuntungan bagi kedua belah pihak. Oleh sebab itu, bisnis properti syariah dapat menjadi salah satu pilihan bisnis yang tepat dan dapat dijalankan tanpa khawatir adanya unsur riba.

3. Keuntungan Besar

Meskipun membutuhkan modal yang tidak sedikit, namun bisnis ini sangat menjanjikan dan berprospek cerah ke depannya. Selain peningkatan kebutuhan akan properti, minat masyarakat muslim untuk berbisnis di bidang ini juga semakin besar setiap tahunnya. Hal ini akan memberikan keuntungan yang tidak sedikit bagi pelaku bisnis syariah.

Dapat dikatakan modal yang dikeluarkan berbanding lurus dengan keuntungan yang akan didapatkan setiap tahun karena adanya kenaikan harga. Selain itu, para pebisnis juga dapat memperoleh passive income, jika memiliki properti syariah dengan pengelolaan yang sangat baik yang dijadikan sebagai investasi.

4. Bebas Mengelola

Bagi yang ingin menjalankan bisnis dengan kebebasan untuk mengelola, maka bisnis investasi properti syariah dapat menjadi pilihan yang tepat. Tidak perlu waktu yang banyak untuk mengelola bisnis tanpa biaya pengurusan.

Pemilik bisnis dapat dengan bebas mengelolanya. Misalnya, jika ada seorang pemilik tanah, maka ia bisa menyewakan tanah miliknya untuk digarap menjadi lahan perkebunan dengan konsep syariah, sehingga biaya pengurusannya akan berkurang.

5. Keunggulan Lainnya

Seorang pebisnis syariah bisa mendapatkan penghasilan dengan cara menyewakan atau menjual properti-properti miliknya, sehingga ada dua pilihan untuk mendapatkan keuntungan dalam bisnis ini. Bisa memilih salah satunya atau keduanya.

Jika memilih menjual properti, tentu akan mendapatkan keuntungan sekaligus dalam satu waktu. Berbeda jika memilih untuk menyewakan properti karena keuntungan yang diperoleh lebih kecil. Tetapi pembayarannya rutin setiap tahun atau setiap bulan.

Ada beberapa jenis bisnis properti syariah yang bisa menjadi pilihan bagi seseorang yang ingin mencoba berbisnis dengan  konsep Islami, yaitu bisa memilih menjadi developer properti syariah, sebagai marketing atau menjadi agen properti syariah. Tentu ketiganya memiliki perbedaan baik dari ketentuan maupun keuntungannya, tergantung pula kepada bagaimana pemiliknya mengelola bisnisnya.