Indeks Zakat Nasional Yang Dibuat Oleh Divisi Riset dan Pusat Kajian Strategis BAZNAS

Salah satu mandat yang menjadi tanggung jawab keberadaan Pusat Kajian Strategis (Puskas) BAZNAS adalah menyusun alat ukur pengelolaan zakat nasional, yang dapat dijadikan referensi oleh Anggota BAZNAS dalam mengevaluasi kondisi terkini pengelolaan zakat nasional, sekaligus menjadi acuan dalam menyusun kebijakan yang diambil. 


Untuk itu, Puskas BAZNAS telah mengembangkan kajian terkait dengan alat ukur tersebut, yang diberi nama Indeks Zakat Nasional.

Dalam laporan singkat edisi kajian Indeks Zakat Nasional, akan dipaparkan bagaimana proses formulasi Indeks Zakat Nasional (IZN) ini. IZN ini disusun dengan prinsip SMART, yaitu Spesific, Measurable, Applicable, Reliable, dan Timely.

Secara umum, indeks ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan zakat sehingga tujuan pengelolaan zakat nasional sebagaimana yang tercantum dalam UU No 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat dapat tercapai.



Dengan pendekatan indeks yang bersifat kuantitatif ini, maka diharapkan keberadaan IZN ini dapat menjadi acuan dalam menilai kinerja BAZNAS sebagai penanggung jawab pengelolaan zakat nasional. Insya Allah, melalui persetujuan Anggota BAZNAS, IZN ini dapat dieksekusi.

Silahkan DOWNLOAD Index Zakat Nasional DISINI!