5 Kelebihan Bank Syariah Dibanding Bank Konvensional Yang Perlu Diketahui

bank syariah

Banyak orang yang memandang jika perbankan syariah sendiri belum terlalu berkembang dibandingkan dengan bank konvensional. Padahal pada faktanya, apa yang ditawarkan oleh pihak bank syariah tidak kalah menariknya dengan bank konvensional yang sejatinya lebih dahulu terkenal.

Bahkan, bisa dibilang bank syariah mempunyai beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh perbankan konvensional. Lalu, apa sajakah kelebihan bank syariah dibanding bank konvensional?

Untuk lebih jelasnya langsung saja berikut ini beberapa keunggulan bank syariah dibandingkan dengan bank konvensional. Namun, alangkah baiknya kita ketahui dulu apa perbedaan bank syariah dengan bank konvensional

Perbedaan Bank Syariah Dengan Bank Konvensional

Bank Syariah merupakan salah satu lembaga perbankan yang mana lembaga ini dikelola maupun dijalankan dengan menggunakan prinsip syariah. Bisa dibilang, di dalam setiap aktivitas usahanya, bank syariah selalu menggunakan syariah maupun hukum-hukum Islam yang tercantum di dalam Al-Qur'an dan Hadist.

Sedangkan bank konvensional sendiri adalah suatu lembaga perbankan yang dijalankan maupun dikelola secara konvensional. Di mana dalam usaha kegiatan ini memberikan jasa dalam proses pembayaran.

Kelebihan Bank Syariah Dibanding Bank Konvensional

Walaupun bank syariah umurnya masih baru dibandingkan dengan bank konvensional. Akan tetapi, untuk masalah kelebihan yang ditawarkan oleh bank syariah sendiri tidak kalah dibanding bank konvensional. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kelebihan bank syariah dibanding bank konvensional yang perlu Anda ketahui

1. Manajemen Finansial yang Lebih Aman

Salah satu kelebihan bank syariah dibanding bank konvensional yang perlu Anda ketahui adalah manajemen finansial yang dimiliki oleh bank syariah jauh lebih aman. Hal ini, dibuktikan dengan tragedi finansial kredit subprime pada tahun 2007 yang tidak menggoyahkan bank yang berbasis syariah.

Di saat banyak bank investasi maupun bank konvensional bangkrut, malah justru banyak bank syariah baru yang bermunculan maupun membuka cabang.

2. Dapat Membantu Orang yang Memang Membutuhkan

Tidak diragukan lagi, jika bank syariah dikenal sebagai salah satu perbankan yang dapat membantu masyarakat kurang mampu dalam segi finansial. Terlebih buat masyarakat yang memang butuh di zakati.

Pasalnya, bank syariah sendiri setiap tahunnya mengeluarkan 2,5 persen keuntungannya buat orang yang memang butuh di zakati. Akan tetapi, hal ini berbeda dengan bank konvensional yang tidak mempunyai kewajiban untuk berzakat.

Jadi dengan menggunakan bank syariah ini, maka secara tidak langsung Anda sudah turut adil dalam membantu mereka yang membutuhkan.

3. Fasilitas Sudah Selengkap Bank Konvensional

Banyak masyarakat yang berfikiran, jika perbankan syariah sendiri mempunyai jenis transaksi yang hanya sedikit. Terlebih dikarenakan bank syariah masih baru dibandingkan dengan bank konvensional.

Namun perlu, Anda ketahui jika anggapan dari masyarakat tersebut salah besar. Pasalnya, saat ini bank syariah sendiri sudah sangat modern dibandingkan dengan jaman dulu. Sekarang, Anda sudah bisa melakukan berbagai macam transaksi, mulai dari tabungan, kredit rumah, kredit usaha, deposito, dan lain sebagainya. Bahkan, bisa dibilang fasilitas yang ditawarkan bank syariah saat ini sudah selengkap bank konvensional.

4. Dapat Berkontribusi Langsung Memperkuat Bank Syariah

Perlu Anda ketahui, jika bank syariah memberikan nisbah ( bunga simpanan) berdasarkan perkembangan dari finansial perusahaan. Jadi secara tidak langsung, orang yang menabung di bank syariah menjadi pemegang saham di bank itu sendiri.

Berbeda dengan bank konvensional yang menentukan sendiri suku bunga pinjaman maupun simpanan berdasarkan dari ketetapan Bank Indonesia. jadi, ada kemungkinan pihak bank memperingati bunga simpanan tinggi meski kondisi bank kurang baik.

5. Di jamin 100% Halal

Kelebihan bank syariah dibanding bank konvensional yang terakhir adalah dijamin 100%. Sebab, kredit yang diberikan oleh perbankan syariah mempunyai syarat yang mewajibkan dana untuk digunakan aktivitas yang halal.

Selain itu, bisnis yang dibiayai oleh bank syariah sendiri tidak boleh berisiko mengandung aktivitas maupun kegiatan yang dilarang oleh syariat Islam. Walaupun begitu, hal ini sama sekali tidak membatasi nasabah bank syariah harus beragama Islam juga.