-->

Informasi Penting Perihal Ekonomi Islam dan Perkembangannya Di Indonesia


Ekonomi Islam adalah sebuah sistem ekonomi yang cukup berkembang pesat di Indonesia. Meski begitu banyak juga masyarakat yang belum paham betul bagaimana proses muncul dan perkembangannya. Untuk itu berikut akan dijelaskan informasi penting perihal ekonomi Islam di Indonesia.

Perkembangan Ekonomi Islam Di Indonesia

Menurut sejarah, sistem ekonomi Islam sudah masuk ke Indonesia sejak awal 1980-an. Meski begitu sistem ini baru berjalan di awal tahun 1990-an. Pelaksananya diawali dengan mendirikan Lembaga Keuangan Islam salah satunya Bank Muamalat. Bank Muamalat sendiri berdiri pada tahun 1992 dimana ini adalah lembaga keuangan pertama yang menerapkan prinsip syariah.

Dalam perkembangan sistem ekonomi Islam, di tahun 1998 pemerintah melakukan langkah lain yaitu memberlakukan aturan baru. Dimana aturan ini berkaitan dengan sistem ekonomi syariah yang sudah disesuaikan dengan aturan agama. Semua itu tercantum dalam UUD nomor 10 tahun 1998 degan tujuan agar lembaga keuangan konvensional turut menyediakan divisi perbankan syariah.

Tidak hanya itu, pada tahun 1999 MUI juga membentuk sebuah lembaga yang bertugas mengawasi pelaksanaan ekonomi tersebut. Dimana lembaga tersebut bernama Dewan Syariah Nasional (DSN). Dan hingga saat ini, DSN bertanggung jawab penuh pada semua pelaksanaan ekonomi Islam di Indonesia.

Kendala Yang Dihadapi

Kendala pertama yang sering dihadapi adalah minimnya pakar ekonomi Islam di Negara Indonesia. Hal ini jelas karena sebelum ekonomi Islam ada, sistem ekonomi konvensional sudah lebih dulu berjalan di Indonesia. Selain itu pengetahuan tentang syariat Islam juga menjadi kendala dalam pelaksanaan sistem ini.
Tidak hanya itu, kendala lain yang juga membatasi sistem ekonomi Islam Indonesia perihal hukum dan kebijakannya. Ini dikarenakan sistem ekonomi Islam berbeda dari ekonomi lainnya. Dimana dalam pelaksanaannya banyak orang yang masih bingung antara halal dan haram. Untuk itu harus ada strategi yang tepat untuk mengatasi kendala ini.

Strategi Untuk Mengembangkan Sistem Ekonomi Islam Di Indonesia

Melihat beberapa kendala yang sudah dijelaskan sebelumnya, tentu harus ada strategi yang tepat untuk mengatasinya. Strategi ini juga harus sesuai dengan tujuan dan aturan yang diberlakukan. Dan berikut diantaranya:

1. Mengadakan Seminar

Strategi pertama untuk mengembangkan sistem ekonomi Islam Indonesia adalah dengan mengadakan seminar. Ini merupakan hal penting dimana saat ini pakar ekonomi Islam bisa dibilang sangat minim. Dengan adanya seminar ini tentu pengetahuan masyarakat akan berkembang. Dan diharapkan akan muncul beberapa pakar baru yang siap membantu pelaksanaan sistem ekonomi ini.

2. Menyuarakan Sistem Ekonomi Islam Di Bidang Politik

Politik adalah sebuah hal yang tidak bisa jauh dari sistem ekonomi. Melihat hal tersebut, tentu harus ada orang yang berani menyuarakan sistem ekonomi Islam di bidang politik. Dengan begitu stigma buruk yang selama ini melekat di benak masyarakat bisa perlahan pudar. Dan masyarakat pun bisa memilih sistem ekonomi yang baik.

3. Peningkatan SDM

Peningkatan SDM juga termasuk strategi yang bagus dalam mengembangkan ekonomi Islam di negara Indonesia. Dimana tujuannya adalah fokus pada gerakan edukasi dan sosialitas. Dengan begitu tentu masyarakat nantinya bisa ikut andil dalam perkembangan sistem ekonomi ini.

4. Membentuk Lembaga Penjamin Pembiayaan Syariah

Melihat banyaknya isu antara haram dan halal di ekonomi ini, tentu perlu adanya lembaga penjamin pembiayaan syariah. Ini dimaksudkan agar masyarakat yakin untuk ikut andil dalam sistem ekonomi ini. Dengan begitu tujuan ekonomi Islam di negara Indonesia bisa berjalan dengan baik.

5. Mempersiapkan Teknologi Informasi Yang Memumpuni

Teknologi informasi yang memumpuni juga termasuk strategi yang bagus untuk melancarkan sistem ekonomi Islam ini. Dimana informasi merupakan sebuah hal penting dalam pelaksanaan sistem termasuk ekonomi Islam. Dengan begitu pelaksanaannya bisa sesuai dengan tujuan.

Dari penjelasan diatas, bisa disimpulkan bahwa banyak hal yang harus dipahami dalam pelaksanaan ekonomi Islam di Indonesia. Selain sistem, semua orang yang berkecimpung di dalamnya juga harus paham tentang aturan yang dibenarkan. 

Dengan begitu, tentu tujuan dari ekonomi Islam ini akan bisa berjalan dengan baik dan menguntungkan bagi semua pihak.