Beberapa Cara Menabung Yang Benar Menurut Islam


Islam selalu mengajarkan yang terbaik kepada umatnya, umat muslim akan selalu berada di jalan yang benar jika mereka mau memegang ajaran islam. Rasulullah juga selalu mengajarkan umatnya agar selalu hidup hemat, hemat disini bukan dalam artian kikir atau pelit. Hemat disini berarti tidak akan membuang-buangkan uangnya untuk berfoya foya, tidak akan membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan dan lainnya.

Begitulah manfaat Anda menjadi seorang muslim yang mengajarkan untuk menghemat dengan menyisihkan sebagian uang yang didapat. Dengan begitu Anda akan belajar untuk mempertimbangkan barang yang lebih prioritas. Nah berikut ini adalah cara menabung yang benar menurut islam.

Cara Menabung Yang Benar Menurut Islam Yang Bisa Dilakukan
Islam adalah agamanya orang muslim yang memberikan cahaya bagi pengikutnya, tuntunan bagi pengikutnya dan lainnya. Anda tidak akan menyesal jika mengikuti ajaran islam. Berikut ini adalah cara menabung yang benar menurut islam :

1. Bisa Menabung Di Celengan
Cara menabung yang benar menurut islam adalah dengan menggunakan celengan. Anda tahu celengan bukan? Ketika dulu Anda kecil pasti orang tua akan membelikan barang ini untuk Anda. Orang tua Anda menaruh harapan besar dari celengan yang diberikannya, mereka ingin Anda akan menjadi manusia yang hemat.

Bukannya manusia yang mementingkan hawa nafsu atau boros. Mereka ingin mendidik Anda dari celengan ini dengan mengisinya dari koin uang jajan Anda. Meskipun celengan itu adalah celengan plastik dan hanya berisi recehan saja, tetap saja mereka akan bangga. Jika Anda menggunakan ini tidak akan ada mudhorot yang akan didapat.

2. Bisa Menyimpan Di Tas
Cara menabung yang selanjutnya adalah dengan menyimpan uang di tas, hal ini dikarenakan Anda bukan anak kecil lagi. Anda bisa membeli tas yang khusus untuk tabungan Anda. Tidak terlalu besarlah.

Cara ini juga tidak akan mengundang mudharat untuk Anda. Tas ini hanya khusus uang hasil sisihkan uang sehari – hari Anda. Biasa kan setiap harinya Anda menyisihkan uang baik itu 1000 atau 2000 untuk di masukan ke tas ini. Anda tidak perlu memasukkan 100000 langsung untuk menabung. Namanya juga menabung jadi tidak dipaksakan yang penting sedikit namun sering baru itu namanya menabung.

3. Buat Penyimpanan Di Dinding
Cara menabung selanjutnya adalah bisa buat penyimpanan di dinding rumah yang zaman sekarang disebut berangkas. Tapi tak usah mewah-mewah seperti berangkas, Anda bisa membuatnya dari kayu yang panjang bentuknya seperti tabung.

Kemudian dibuat bolongan di bagian atasnya untuk menyimpan uang. Kalau jaman dulu si kan rumahnya terbuat dari bilik kayu jadi banyak dinding dari kayu bisa dijadikan tempat simpanan rahasia Anda.

4. Simpan Di Bank
Wah, karena sekarang jaman sudah maju, sudah ada yang namanya bank dimana-mana. Bank itu solusi bagi Anda yang tidak percaya dengan kondisi rumah. Bisa dikarenakan waktu Anda lebih terbuang diluar dari pada di dalam rumah. Anda bisa mulai ikut tabung di bank jika seperti itu. Agar simpanan Anda halal dan terjamin, maka pilihlah bank-bank syariah.

Karena jika Anda menyimpan atau menabung di bank konvensional itu artinya Anda ikut menjadi bagian dalam praktek menyuburkan riba pada bank konvensional. Kecuali, didaerah Anda tidak ada bank syariah, maka pilihan bank konvensional dipersilahkan karena sifatnya menjadi darurat.

5. Wadah Tenggo
Setiap lebaran, ada saja biskuit yang dibeli untuk setiap tamu yang datang kerumah. Anda pasti akan menyiapkan banyak jenis biskuit dari mulai astor, konguan, tenggo dan lainnya. Setelah biskuitnya habis, Anda bisa manfaatkan tuh untuk membuat penyimpanan uang untuk menabung Anda.

Anda juga bisa menghiasnya dengan kertas kado agar menjadi lebih menarik dan juga bagus. Selanjutnya dibagian tutup nya dengan menggunakan pisau bisa dibuat bolongan sebesar uang koin.